Rabu, 23 Januari 2013


Seputar Wanita Sehat

I


Posted by Admin Minggu, 16 Desember 2012 0 comments

Manfaat Temulawak banyak sekali bagi kesehatan dan kecantikan tubuh kita. Karena Temulawak mengandung beberapa unsur yang bisa untuk mengobati beberapa penyakit. Bagi Anda yang suka pada pengobatan alami / tradisonal memilih temulawak sebagai obat Alami adalah pilihan yang terbaik.

 

Curcuma xanthorhiza roxb atau temulawak merupakan tanaman herbal asli Indonesia. Tanaman ini banyak tumbuh didaerah tropis seperti di pulau Jawa, Maluku, dan Kalimantan. Karena saking banyaknya temulawak ini di Indonesia dan banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari temulawak, Makanya Pemerintah Indonesia sampai mencanangkan Gerakan Minum Temulawak untuk kesehatan kita.

 

Manfaat Temulawak 

 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgF96I-mPHXyfExVx2IIxeDoSLi3nY1pairYK2dYxqC2fxYpdJJ8kmGvpQdhQdRJf6oaCnF10x-I4mTgBJ4ji8wg0vQg5FCAyQDhIDAEOk1c6w0ZPsJzK0xiGubfg0PNXYR-DO-56ff7GvQ/s320/manfaat+temulawak.jpg

 

Dibawah ini merupakan unsur-unsur yang ada dalam temulawak diantaranya :

  • Pati 58,24 gram

  • Lemak 12,10 gram

  • Serat kasar 4,20 gram

  • Protein 2,90 gram

  • Kurkumin 1,55 gram

  • Mineral 4, 29 gram

  • Minyak atsiri 4,90 gram

Sedangkan Manfaat yang dapat diambil dari temulawak antara lain :

  • Pelihara fungsi hati

Kandungan kalagoganya berfungsi untuk memproduksi empedu dalam hati dan merangsang pengosongan kandung empedu. Temulawak mengurangi kerja enzim glutamate oksaloasetat transaminase (GOT) serta menurunkan kerja enzim glutamate piruvat transaminase (GPT) baik, secara pra klinik in vitro dan in vivo maupun secara klinik. Hasil uji klinik menunjukkan bahwa dosis yang digunakan untuk memperoleh manfaat menurunkan kadar SGOT dan SGPT adalah 15-30 mg kurkumin.

  • Menambah nafsu makan 

Efek minyak atsirinya yang bersifat karminativum, bisa menambah nafsu makan. Caranya : ambil 25 gr temulawak, 10 gr asam jawa dan gula merah secukupnya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, saring dan minum.

  • Perbaiki fungsi pencernaan

Serbuk rimpang dapat meningkatkan aktivitas dalam cairan lambung sehingga membantu metabolisme dan mengurangi kontraksi usus halus.
Caranya : ambil 2 gram rimpang kering atau 8 gram temulawak segar. Panasi rimpang dengan air suhu 90 derajat selama 15 menit. Disaring, minum 2-3 kali sehari di antara waktu makan.

  • Mengurangi radang sendi

Kandungan Kurkumin berfungsi sebagai antiradang yang setara dengan 100 mg fenilbutazon yang dapat mengurangi nyeri dan radang sendi.

  • Menurunkan lemak darah

Ekstrak temulawak dan fraksi kurkuminoidnya dapat menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida dan meningkatkan kadar HDL kolesterol. Komponen yang diduga berperan dalam menurunkan lemak darah adalah kurkuminoid.

  • Antioksidan dan membantu pemeliharaan kesehatan

Kurkumin pada temulawak berguna sebagai antioksidan karena mampu menangkap radikal-radikal bebas oksigen seperti anion superoksid, dan radikal hidroksil sehingga membantu memelihara kesehatan.
Caranya : Gunakan ekstrak kering temulawak direbus , minum 3 kali sehari, tiap kali lebih kurang 250 – 500 mg.

  • Mengobati jerawat

Caranya : Cuci rimpang temulawak 1 jari, lalu potong. Selanjutnya rebus dalam 4 gelas minum air bersih sampai tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring dan tambahkan madu kedalam air saringannya seperlunya, lalu diminum. Pengobatan dilakukan sehari 2 kali, setiap kali cukup 1 gelas.

 

  • Untuk mengontrol Kolesterol

Temulawak berfungsi untuk meningkatkan aliram empedu dari kandung empedu ke hati. Cairan empedu yang pahit berwarna hijau tersebut berfungsi dalam proses penyerapan makanan agar tidak terganggu sehingga bisa mengontrol untu k menormalkan kolesterol jahat dalam darah.

  • Menyembuhkan Penyakit Hepatitis B

Caranya : Kupas temulawak lalu susi samapi bersih, kemudian potong tipis-tipis, Potongan temulawak di jemur dibawah terik matahari sampai kering. Kemudian dirembus sampai mendidih dan tambah gula secukupnya. Angkat lau tiriskan untuk diambil airnya.


Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari Temulawak, asalkan kita telaten dan melakukannya secara continue. SEmoga Manfaat Temulawak diatas bisa memberikan tambahan wawasan bagi anda.  Selamat mencoba. Salam sehat selalu.

 

0 komentar:

Posting Komentar